Apa itu Arduino?

Arduino Uno

Arduino menurut Arduino.cc adalah:

Arduino is an open-source electronics prototyping platform based on flexible, easy-to-use hardware and software. It’s intended for artists, designers, hobbyists, and anyone interested in creating interactive objects or environments.

Terjemahan bebasnya:

 Arduino adalah platform prototipe elektronik open-source, yang berdasarkan perangkat keras dan lunak yang fleksibel dan mudah digunakan. Arduino diperuntukkan bagi seniman, desainer, hobiis dan siapa pun yang tertarik untuk membuat obyek atau lingkugan yang interaktif.

Arduino secara fisik adalah mikrokontroler. Arduino adalah perangkat keras berbentuk rangkaian elektronik dengan ukuran yang kecil dengan berfungsi sebagai kontroler. Didesain untuk dihubungkan dengan sensor yang akan memberikan informasi keadaan obyek atau lingkungan di sekitarnya dan kemudian mengolah informasi tersebut untuk kemudian menghasilkan suatu aksi. Proses ini akan dilakukan berulang-ulang. Siklusnya adalah masukan (input) –> proses –> keluaran (output).  Terus menerus siklus ini akan diulang. Jadi Arduino adalah sebuah komputer kecil yang mempunyai ‘mata’ dan ‘telinga’ untuk mencerna keadaan disekelilingnya dan kemudian beraksi sesuai ‘nalar’ yang telah kita tanamkan di dalam ‘otak’-nya.

Arduino Mega 2560

Open-source? Benar, Arduino adalah perangkat keras yang open-source. Artinya, segala hal yang berkaitan dengan Arduino terbuka untuk semua orang, mulai dari rangkaian skematik elektronik-nya, desain pcb-nya dan daftar komponen yang digunakan tersedia bebas untuk dipergunakan oleh siapa saja. Jadi anda bisa membuat board Arduino sendiri kok, asal mahir membuat PCB dan menyolder. Tentu saja ada aturan yang harus ditaati dalam kaitannya dengan perangkat keras open-source ini. Salah satunya, anda wajib menyediakan semua hal yang berkaitan dengan board buatan anda tersebut untuk dapat dipergunakan oleh orang lain. Ini memang salah satu ide dasar dari maraknya gerakan open-source.

Untuk memulai, anda perlu mendapatkan board Arduino (bisa ke link ini) dan kemudian bisa segera mencoba tutorial-nya. Mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Bila anda memerlukan bantuan, manfaatkan komunitas Arduino yang sangat luas, salah satunya dengan cara bergabung di forum Arduino.

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *