Memperkenalkan Arduino Esplora

Arduino Esplora-1-300

Pada tanggal 10 Desember 2012, Team Arduino memperkenalkan Arduino Esplora. Arduino Esplora adalah Microcontroller Arduino yang sudah dilengkapi dengan sensor dan joystick.

Berbeda dengan board Arduino sebelumnya yang hanya berisi dengan microcontroller, Arduino Esplora melangkah lebih jauh lagi. Arduino Esplora terdiri dari microcontroller dan banyak sensor, antara lain: sensor suhu, sensor accelerometer dan sensor cahaya. Selain itu Arduino Esplora juga dilengkapi dengan tombol joystick, linier potentiometer, 4 push button, microphone dan LED RGB.

Tampilan depan Arduino Esplora

Tampilan depan Arduino Esplora

Tampilan belakang Arduino Esplora

Tampilan belakang Arduino Esplora

 

Massimo Banzi, co-founder Arduino, menyatakan (dikutip dari Wired.com) bahwa mereka sudah lama ingin membuat sesuatu yang berbeda, membuat sesuatu yang dapat makin merangkul orang-orang yang minim pengalaman dengan Arduino. Jadi membuat suatu alat yang langsung bisa dipakai dengan mudah.

Layout Arduino Esplora

Layout Arduino Esplora

Arduino Esplora merupakan turunan dari Arduino Leonardo, sehingga mewarisi kemampuan untuk berfungsi sebagai mouse atau keyboard (USB Client device) seperti hal-nya Arduino Leonardo. Dengan adanya sensor dan joystick yang menyatu, Arduino Esplora dapat membuat difungsikan menjadi mouse atau keyboard yang lebih kompleks lagi.

Ardunio Esplora sendiri baru mulai tersedia di pasaran mulai sejak 30 April 2013 dan Toko Online Famosa Studio sudah menyediakan Arduino Esplora ini sejak 16 Juli 2013. Jadi bagi anda yang ingin mendapatkan Arduino Esplora dan langsung bereksperiman, silahkan langsung berbelanja online di Famosa Studio pada link ini.

Beberapa contoh aplikasi Arduino Esplora sudah banyak tersedia tutorial-nya, antara lain: XBee InterfacingWireless Controller, Controlling Robotic Head, LCD Pong Game dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan dipelajari dan selamat berkreasi!

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *