Arduino Mega 2560

Ulasan kali ini adalah tentang produk Arduino Mega 2560.

Arduino Mega 2560 adalah board Arduino yang merupakan perbaikan dari board Arduino Mega sebelumnya. Arduino Mega awalnya memakai chip ATmega1280 dan kemudian diganti dengan chip ATmega2560, oleh karena itu namanya diganti menjadi Arduino Mega 2560. Pada saat tulisan ini dibuat, Arduino Mega 2560 sudah sampai pada revisinya yang ke 3 (R3). Berikut spesifikasi Arduino Mega 2560 R3.

Microcontroller ATmega2560
Operating Voltage 5V
Input Voltage (recommended) 7-12V
Input Voltage (limits) 6-20V
Digital I/O Pins 54 (of which 15 provide PWM output)
Analog Input Pins 16
DC Current per I/O Pin 40 mA
DC Current for 3.3V Pin 50 mA
Flash Memory 256 KB of which 8 KB used by bootloader
SRAM 8 KB
EEPROM 4 KB
Clock Speed 16 MHz

Selain perbedaan chip ATmega yang digunakan, perbedaan lain antara Arduino Mega dengan Arduino Mega 2560 adalah tidak lagi menggunakan chip FTDI untuk fungsi USB to Serial Converter, melainkan menggunakan chip ATmega16u2 pada revisi 3 (chip ATmega8u2 digunakan pada revisi 1 dan 2) untuk fungsi USB to Serial Converter tersebut.

Secara fisik, ukuran Arduino Mega 2560 hampir kurang lebih 2 kali lebih besar dari Arduino Uno, ini untuk mengakomodasi lebih banyaknya pin Digital dan Analog pada board Arduino Mega 2560 tersebut. Tampilan Arduino Mega 2560 dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan depan Arduino Mega 2560 - R3

Tampilan depan Arduino Mega 2560 – R3

Tampilan belakang Arduino Mega 2560 - R3

Tampilan belakang Arduino Mega 2560 – R3

Banyak yang bertanya, kapan sebenarnya kita perlu memakai Arduino Mega 2560 ini? Arduino Mega 2560 bagusnya dipakai bila kita perlu mengendalikan banyak alat/sensor/aktuator. Atau apabila kita perlu menggunakan lebih dari 1 modul serial, seperti modul GSM atau GPS misalnya, secara bersamaan. Arduino Mega 2560 mempunyai 4 port serial, lebih banyak dari Arduino Uno yang hanya punya 1 port serial. Atau apabila kita memerlukan ukuran Flash Memory yang lebih besar karena program yang dibuat sudah cukup tidak cukup dengan 32KB flash memory yang ada di Arduino Uno. Flash Memory sebesar 256KB yang ada di Arduino Mega 2560 rasanya sudah cukup besar untuk kebanyakan program di microcontroller.

Cara penggunaan Arduino Mega 2560 ini sama persis dengan penggunaan Arduino Uno. Software IDE yang digunakan juga sama, hanya tinggal memilih board Arduino Mega 2560 pada pilihan board-nya.

Contoh aplikasi yang menggunakan Arduino Mega 2560 cukup banyak, antara lain Robot Hexapod yang menggunakan 18 buah servo (Arduino Mega 2560 bisa meng-handle sampai dengan 48 servo), aplikasi penggunaan LCD Touch Shield 3.2″, 3D Printer dan masih banyak yang lain.

Jadi kalau Arduino Uno sudah tidak lagi memadai untuk proyek anda yang makin kompleks, Arduino Mega 2560 ini bisa dijadikan salah satu alternatif penggantinya sehingga proses kreasi anda dapat terus berjalan.

 

You may also like...

17 Responses

  1. jose says:

    kalo arduino mega 2560 itc,kalo pake untuk ps3 bisa nggak?

    • Zerfani Yulias says:

      Tutorial ini sih dibuat untuk controller PS1 dan PS2. Controller PS3 memakai Bluetooth untuk jalur komunikasinya, jadi tidak bisa digunakan dengan Library yang ada pada tutorial ini.

  2. bayu says:

    selamat malam pak,
    belakangan sy tertarik untu merakit biped robot, untuk keselurhan saya perlu out untk drive 32 servo, 5 input untuk gyro, 1 input untkuk jarak, be2erapa input untuk sensor lainya termasuk in digital untk switch. sy masih bingung memilih apa yang di pake untuk controlernya, terutama untuk stabilitas pemrosesan PID, dan tentunya kapasitas untuk programnya juga.

    dengan Arduino Mega 2560 apakah sudah cukup pak? atau ada referensi yg lebih baik?

    mohon perncerahan pak…

    terima kasih sebelumnya

  3. Azmi says:

    blog yang berisi dan bagus..kalau arduino mega 2560 itu di kombinasikan dengan modem wavecom memerlukan shield tambahan? mohon penjelasannya..

  4. mohamad syaifudin says:

    please sent your hand phone number

  5. Latief says:

    Mas mau tanya.. beda arduino Mega 2560 sama dengan Arduino UNO apa mas ? sama apa berpengaruh dengan programnya ? se-pengamatan saya yang Uno itu hanya sampai soket A5, kalo mega 2560 sampai A15.. nah itu nanti pengaruh sama program nggak ? Terima Kasih..

    • Zerfani Yulias says:

      Arduino Mega dengan Uno itu secara hardware kurang lebih sama. Bedanya Mega punya IO lebih banyak dibandingkan dengan Uno.
      Dari sisi pemrograman sama, tidak ada perbedaan. Perbedaan yang ada di pemrograman itu kalau merefer ke pin IO yang di tidak ada di Uno.
      Misalnya, di Uno pin digital paling besar itu pin 13, sedangkan di Mega itu sampai dengan pin digital 53.

      • yumanto says:

        Saya mau tanya pak,,untuk pin PWM pada arduino mega 2660 r3 kan tersedia 15 pin,,tetapi saya membutuhkan 20 pin untuk menggerakkan servo.mohon solusinya..

  6. farris says:

    mas kan saya membeli arduflyer ,. nah di dlm arduflyer ada ic ATmega 2560 . itu fungsinya untuk apa ya? dan saya cari sejarah ardupilot dmn mas ?

  7. yumanto says:

    Ane mau tanya pak. Pin untuk sinyal pwm kan hanya 15, tetapi ane membutuhkan 20 pin untuk menggerakkan servo,,itu gimana pak? Apakah 1 pin pwm bisa digunakan untuk 2 servo..?mohon solusinya..

  8. yumanto says:

    Saya mau tanya pak,,untuk pin PWM pada arduino mega 2660 r3 kan tersedia 15 pin,,tetapi saya membutuhkan 20 pin untuk menggerakkan servo.mohon solusinya..

  9. kamaludin says:

    Mas ane mau tanya… cara masukin teks Hello world ke lcd keypad shiled pake arduino mega 2560 gimana ya..?? soalnya udah nyoba berkali kali gagal terus thanks

  10. agito setyabudi says:

    pak.
    saya lagi buat t.a tentang monitoring udara. jadi saya belom dapat coding untuk mengubah data dr tegangan keluar sensor menjadi ppm. saya menggunakan arduino mega 2560. apakah bapak bisa bantu saya.
    emailkan aja ke [email protected]

  11. Aris Daluriyanto says:

    Mas Yulias, saya mau buat program mesin tetas telur otomatis ang mana komponen yang diukur cukup banyak antara lain : suhu,kelembaban, high temp, low temp, penggerak motor turning (putar kanan dan putarkiri), fan cooling, heater 1, heater 2, humidifer dan alarm. kira-kira arduino mana yang cocok saya pergunakan mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook